Rabu, 15 Juni 2011

Studi Kasus Analisis Struktur Pasar Tepung Terigu Bogasari

Di Indonesia banyak sekali terdapat perusahan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan, baik industri kecil, industri menengah, maupun perusahaan besar. Jenis industri pangan beraneka macam sehingga perusahaan berusaha menawarkan inovasi-inovasi baru demi menarik hati pelanggan. Kemajuan teknologi yang sangat pesat dimanfaatkan dalam pengolahan pangan, sehingga mampu memproduksi makanan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Selain itu, promosi yang dilakukan juga penting. Semua yang menyangkut dengan produk yang dihasilkan, tujuannya adalah demi memuaskan para pelanggan.
Tepung terigu merupakan bahan pangan yang banyak mengandung karbohidrat dan juga dapat dijadikan sebagai komoditi pengganti beras. Tepung terigu memiliki keistimewaan dibandingkan dengan jenis tepung lain. Gandum memiliki kandungan gluten, yaitu jenis protein yang yang membantu dalam proses pengembangan pada jenis makanan tertentu seperti roti. Selain diolah menjadi roti, tepung terigu dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan tergantung jumlah protein yang terkandung dalam tepung terigu tersebut. . Tepung terigu dapat diterima disemua lapisan dunia, termasuk di Indonesia dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah permintaan tepung terigu dari tahun ke tahun. Permintaan tepung terigu di Indonesia hampir sebagian besar berasal dari industri, baik diolah menjadi roti, mie, pasta, dan lain-lain.
Salah satu perusahaan tepung terigu yang terkenal dan terbesar di Indonesia adalah PT. ISM Tbk. Bogasari Fluor Mills. Dimana memiliki pasokan bahan baku yang berlimpah dari berbagai manca negara, teknologi pengolahan yang modern, dan proses distribusi yang telah menyebar di seluruh Indonesia. Bogasari adalah produsen tepung terigu di Indonesia dengan kapasitas produksi sebesar 3,6 juta ton per tahun, terbesar di dunia dalam satu lokasi. Selama hampir tiga dekade, Bogasari telah melayani kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dengan tiga merek tepung terigunya yang sudah dikenal luas yaitu Cakra Kembar, Kunci Biru dan Segitiga Biru. Ketiga jenis produk ini digunakan secara luas oleh industri mie, roti, biskuit; baik yang berskala besar dan kecil serta rumah tangga. Di samping itu, Bogasari juga menghasilkan produk sampingan (by product) berupa bran, pollard untuk koperasi dan industri makanan ternak, dan tepung industri untuk industri kayu lapis.  Dari hal tersebut, tepung terigu dengan merk Bogasari menjadi merk penguasa bagi produsen tepung terigu di Indonesia dan sering dikaitkan memonopoli dalam pemasokan produk tepung terigu di Indonesia.
Struktur pasar persaingan monopoli dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat hanya seorang penjual saja.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli
  1. Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan. Artinya bahwa barang-barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak punya pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut, maka mereka harus membeli dari perusahaan tersebut, maka mereka harus membeli dari perusahaan tersebut. Para pembeli tidak dapat berbuat suatu apapun di dalam menentukan syrata jual beli.
  2.  Tidak mempunyai barang pengganti yang “mirip” Artinya barang yang dihasilkan perusahaan tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam perekonomian, begitu pula dengan kegunaannya.
  3. Menguasai penentuan harga, Artinya karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasai.
  4. Mempromosikan penjualan secara iklan kurang diperlukan artinya karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu melakukan promosi penjualan secara iklan.

Penetapan Harga Monopoli
Monopoli bisa terjadi karena perusahaan–perusahaan lain menganggap tidak menguntungkan untuk masuk pasar, atau memang terhalang (dihalang– halangi) masuk pasar. Halangan masuk pasar disebut dengan istilah Barriers to Entery. Halangan masuk pasar dibedakan atas tiga jenis, yaitu :
1. Alasan teknis (technical barriers to entery)
Ditinjau dari segi teknis, memang ada perusahaan yang bersifat memasuki suatu pasar tetapi terhambat secara teknis. Biasanya produksi untuk barang yang bersangkutan mencirikan biaya marjinal yang semakin menurun, dan level output yang memberikan biaya minimum sangat besar sekali. Debgan demikian teknologi produksi yang efisien adalah yang berskala besar saja, sedang yang beroperasi dengan skala kecil sangat tidak efektif. Modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan jenis produksi ini biasanya sangat besar.
2. Karena alasan hukum atau undang – undang (legal barriers to entery)
Kebanyakan monopoli murni tercipta karena alasan hukum atau undang – undang, bukan karena alasan teknis atau ekonomis. Banyak monopoli yang diizinkan (dilindungi) dengan paten.
3. Menciptakan halangan masuk pasar
Secara umum halangan masuk pasar bisa dibedakan antara halangan yang bersifat eksternal dan internal. Ada pula contoh di atas yaitu halangan teknis dan hukum termasuk halangan yang sifatnya eksternal. Dan ada pula halangan yang diciptakan pemonopoli itu sendiri, misalnya dengan menciptakan produk – produk
atau teknik – teknik yang rumit dan menyusahkan. Teknik ini tidak sampai bocor
pada perusahaan pesaing.

Perusahaan Tepung Terigu Bogasari
PT. ISM Tbk. Bogasari Fluor Mills. Jakarta terletak di Jl. Raya Cilincing no.1, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14110. Perusahaan ini meiliki luas lahan kurang lebih 33 ha, yang berbatasan sebelah utara PT. Dok Kojda, PT. Sarpindo dan laut Jawa, sebelah timur Jalan pelabuhan Sarpindo dan PT. Easterm Polyester, sebelah selatan Jalan Raya Cilincing, sebelah barat Kali Kersek dan Depo Pertamina. Lokasi pabrik Bogasari yang dekat dengan laut ini sangat strategis, sehingga dapat membangun dermaga sendiri yang memudahkan proses loading dan unloading, karena setelah loading gandum langsung dapat dimasukkan silo melalui jalur transfer yang telah tersedia. Demikian pula dengan proses unloading, pellet dapat langsung dimasukkan ke dalam kapal melalui jalur transfer

1.      Bahan baku
Bahan baku tepung terigu yang digunakan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills didatangkan dari negara lain seperti Kanada, Australia, Rusia, India, dan Amerika karena negara tersebut memiliki iklim yang cocok untuk tanaman gandum. Penanaman gandum di Indonesia dapat dilakukan namun menghasilkan tanaman gandum yang tidak sesuai dengan grade yang diharapkan untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tepung terigu yang berkulitas. Tepung terigu diproduksi dengan cara menggiling biji gandum dan mengecilkan ukuran endosperm menjadi ukuran yang sekecil mungkin.
Gandum yang dibeli oleh PT. ISM Bogasari Flour Mills diperoleh dari asosiasi pedagang biji gandum internasional sehinggga pembeliannya dilakukan dengan mata uang dollar Amerika. Pembelian biji gandum dilakukan untuk ketersediaan stok selama kurang lebih 3 bulan. setiap pendatangan gandum bisa mencapai kurang lebih 6000-8000 ton. Sistem pendatangan gandum dilakukan dengan menggunakan transportasi laut yaitu dengan menggunakan kapal dari negara pengekspor. Gandum yang berasal dari Negara-negara maju biasanya sudah dilengkapi dengan Certificate of Analyze (CAO) dan laporan pemeriksaan yang akan diterima oleh VP QPP/D kemudian dikirim kepada SVP Manufacturing untuk dilakukan verivikasi, dan juga untuk diarsipkan. Setelah itu SVP Manufacturing atau VP QPP&D akan melakukan peninjauan mutu gandum yang diterima secara teratur. Dengan demikian, gandum yang telah dibeli tidak akan menumpuk terlalu lama di silo gandum kerena jenis gandum dan jumlahnya sesuai perkiraan untuk menghasilkan tepung terigu sesuai jumlah permintaan pasar
2.      Produk Bogasari
Produk Utama
Produk utama yang dihasilkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills adalah tepung terugu. Hasil penggilingan gandum berupa 76% tepung terigu, 1,5% tepung industri, dan 22,5 berupa brand dan pollard. Bahan baku gandum diolah menjadi menjadi tepung terigu dan dikelompokkan menjadi beberapa jenis tepung berdasarkan kandungan proteinnya. Produk-produk utama yang dihasilkan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills untuk pasaran domestik antara lain:
1. Cakra Kembar Emas
2. Cakra Kembar
3. Segitiga Biru
4. Kunci Biru
5. Kunci Emas
6. Lencana Merah
7. Piramida (Merupakan tepung terigu yang serbaguna, yang dapat digunakan untuk pembuatan mie dan flat bread yang tidak memerlukan pengembangan terlalu besar. Kandungan proteinnya 10%.)
8. Pena Kembar (Merupakan tepung terigu yang memiliki kandungan protein
    sedang, sebesar 12,5%-13%. Kegunannya untuk pembuatan mie.)
9. Kastil (Merupakan tepung terigu yang terbuat dari campuran hard wheat dan soft wheat. Memiliki kandungan protein yang sedang yaitu 12%. Tepung ini khusus dijual untuk industri makanan. Biasa digunakan untuk membuat roti dan baked product)
Produk Samping
Bagian gandum yang tidak terekstraksi menjadi tepung akan diolah menjadi pakan ternak, yaitu pellet dan diolah menjadi bahan lem dalam produksi kayu industri, yaitu industrial flour. Produk samping yang diproduksi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills adalah:
1. Brand (Bran adalah bagian kutit gandum yang bertekstur kasar dan memiliki kadar serat tinggi sehingga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan roti berserat. Bran digunakan sebagai bahan ternak, dikemas dalam karung 25 kg dengan merk dagang “Cap Kepala Kuda”).
2. Pollard (Adalah bagian gandum yang terletak lebih dekat dengan  endosperm sehingga mutu proteinnya lebih baik jika dibandingkan dengan bran. Kadar seratnya tinggi dengan ukuran granulasinya lebih kecil daripada bran. Produk ini diminati oleh pabrik Feed Meal dan peternak sapi perah. Produk ini dikemas dengan karung berukuran 25 kg dengan merk dagang “Cap Angsa”).
3. Tepung industry (Tepung industri dihasilkan pada reduction process pada bagian roller. Tepung industri memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan tepung terigu, perbedaanya terletak pada warnanya. Tepung industi memiliki warna kecokelatan karena memiliki kadar abu yang cukup tinggi. Tepung industri juga berasal dari proses sweeping, yaitu tepung yang jatuh dilantai dikumpulkan kembali untuk dibersihkan dan dipisahkan dari matetial-material yang tidak diinginkan. Tepung industri dikemas dalam karung berukuran 25 kg dengan merk dagang “Cap Anggrek”. Produk ini biasa digunakan sebagai bahan dasar lem dalam pembuatan kayu industri, selain itu juga dapat digunakan sebagai pakan ikan).
4. Pellet (Pellet merupakan produk yang terbuat dari campuran antara bran dan pollard. Produk ini digunakan sebagai pakan ternak. Produk ini melalui proses steaming dan dipress sehingga berbentuk silinder dengan diameter 6 mm dan panjang 1-1,5 cm).
5. Germ
Germ merupakan bagian lembaga tempat pembentukan tunas baru. Bagian ni banyak mengandung lemak sehingga harus dipisahkan dari tepung, karena dapat mempengaruhi kualitas tepung yang dihasilkan. Germ biasanya diekspor ke Jepang untuk dijadikan sebagai bahan pembuat kapsul dan kosmetik.

Bentuk Monopoli
Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Tepung Terigu Indonesia (Aptindo), struktur perusahaan importir penguasa tepung terigu nasional adalah Bogasari sebesar 57 persen. Eastern Peral (10,3 persen), Sriboga (5,5 persen), Pangan Mas (3,2 persen), Pundi Kencana (0,4 persen), perusahaan lain-lain (7,8 persen), dan pangsa pasar impor sebesar 15,5 persen.\
Di sisi lain, selama ini, profil industri pengguna tepung terigu terbesar di Indonesia adalah sektor usaha kecil dan menengah (UKM) sebanyak 30.263 unit dengan volume konsumsi sekitar 59,6 persen, diikuti industri rumah tangga (10.000 unit) dengan volume 4 persen, industri besar pengguna tepung terigu (200 unit) dengan volume 31,8 persen, dan rumah tangga dengan volume 4,6 persen.
Anggota Komisi VI DPR Hendrawan Supratikno, menyebutkan berdasarkan data Aptindo, penguasaan Bogasari bisa mencapai 75 persen jika dikonsolidasikan dengan perusahaan afiliasinya. Berdasarkan sinyalemen dari KPPU, kata Hendrawan, pasar terigu praktis dimonopoli karena pemain utama menguasai hampir 80 persen pangsa pasar.
Bogasari menguasai sekitar 60 persen pasar tepung terigu. Bahkan, penguasaannya mencapai 75 persen jika dikonsolidasikan dengan perusahaan afiliasinya. Ini menunjukkan pasar tepung terigu praktis dimonopoli karena pemain utama menguasai hampir 80 persen pangsa pasar.
Didik juga mengungkapkan KPPU menengarai pelaku dominan pasar terigu mengembangkan merek dagang yang dikhususkan untuk berhadapan dengan produk impor. Lalu, setelah produk impor bisa diatasi, Bogasari kembali membesarkan produknya dengan menjual harga sekitar 20-25 persen lebih tinggi.
Analisis Monopoli Bogasari
Sebagaimana dikemukakan sebelumnya, adanya restriksi investasi baru dalam industri tepung terigu telah memberikan monopoli kepada PT. Bogasari dalam industri ini. Dengan menciptakan monopoli dalam industri tepung terigu, maka pemerintah sebenarnya juga mendorong terciptanya monopoli dalam industri mie yang menyerap 45% komoditas tepung terigu. Dengan kebijakan yang sekarang ini berlaku, maka industri hilir yang menggunakan tepung terigu sebagai input pokoknya, tidak memiliki alternatif lain selain harus membeli tepung terigu dari satu sumber. PT. Indofood sebagai industri mie terbesar yang dimiliki oleh konglomerat yang juga mengontrol PT. Bogasari (produsen tepung terigu), memiliki keuntungan yang memungkinkan mereka bisa bisa mengalahkan kompetitornya karena tiga faktor. Pertama, penyediaan tepung terigu bagi PT. Indofood lebih terjamin dibandingkan dengan industri mie lainnya. Kedua, PT. Indofood dapat secara langsung mendapatkan tepung terigu tanpa melalui jalur distribusi yang berlaku. Ketiga, mereka juga mendapat kualitas tepung terigu yang lebih baik sehingga ongkos produksinya akan lebih rendah dibandingkan industri mie lainnya. Sebagaimana diketahui, 80% - 90% industri mie kini dikuasai oleh PT. Indofood melalui ekspansi dan pembelian industri mie yang ada. Sedangkan sisanya merupakan industri mie skala kecil yang produknya relatif murah. Persaingan bebas dan terbukanya pasar industri di satu sisi dan tertutupnya persaingan dan investasi pada industri tepung terigu di sisi lain memungkinkan PT. Indofood untuk menciptakan pasar yang monopolistik pada industri mie.
Sumber daya alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh suatu daerah tertentu seperti timah dari pulau bangka.
Modal yang besar, berarti mendukung suatu perusahaan yang memiliki keadaan seperti yang disebutkan diatas. Penjual monopoli belum tentu mendapatkan keuntungan besar, tetapi monopoli mempunyai keterbatasan yang menyebabkan kerugian. Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh pasar monopoli: Ketidak adilan, karena monopolis akan memperoleh keuntungan diatas keuntungan normal. Volume produksi ditentukan oleh monopolis Terjadi eksploitasi oleh monopolis terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi. Pemerintah dapat mencegah kergian-kerugian yang disebakan pelaku monopoli dengan cara berikut: Mencegah munculnya monopoli dengan undang-undang. Pemerintah mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis. Membuka impor untuk barang yang diproduksi oleh monopolis. Campur tangan pemerintah dalam menentukan harga.

Oleh :
Windu Ari Wibowo                   (0910480163)


DAFTAR PUSTAKA

Anonymous. 2009. Ciri-ciri Pasar Monopoli. http://tutorialkuliah.blogspot.com/. Diakses 4 Mei 2011.
Anonymous. 2010. Struktur Pasar. http://indah11108009.wordpress.com/. Diakses 4 Mei 2011.
Anonymous. 2011. Bentuk Struktur Pasar Konsumen Persaingan Sempurna Monopolistik, Oligopoli, Monopoli. http://organisasi.org/. Diakses 4 Mei 2011.
Anonymous. 2011. Dominasi Tepung Terigu.http://www.antaranews.com/. Diakses 4 Mei 2011.
Anonymous. 2011._.http://www.ilmuku.com/file.php/1/Simulasi/mp_302/materi1.html.  Diakses 4 Mei 2011.
Anonymous.1995. Ekonomi Politik Industri Tepung Terigu. http://119.235.17.66/berita-detail.php?id=46375. Diakses 4 Mei 2011.
Bogasari Consumer Service. 2011.Seputar Tepung Terigu. http://www.bogasari.com/about/. Diakses 4 Mei 2011.
Ikhsanudin, A. 2010. Laporan Di PT.Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills Divisi Tanjung Priok, Jakarta Utara (Proses Produksi Tepung Terigu). Program Studi DIII Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret : Surakarta.
Koran Jakarta. 2011. _ .http://www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=45534. Diakses 4 Mei 2011.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

How to make money with your own money - Work-Tampo-Lay
Money 카지노사이트 is 메리트카지노총판 a งานออนไลน์ term which describes your approach to betting. When you hear that a person is starting to bet money on a sport or race and that person

Posting Komentar